Jualbibitpepeya- Pepaya California adalah salah satu jenis pepaya paling populer dan memiliki banyak kelebihan. Pepaya ini mampu hidup di daerah dengan iklim tropis atau subtropis. Makanya di Indonesia pepaya termasuk buah yang populer.

Tidak sesuai dengan namanya, pepaya California bukan berasal dari salah satu negara bagian Amerika Serikat, yaitu California. Namun buah ini asli Indonesia. Jenis pepaya ini bisa tumbuh di mana saja dan mudah dibudidayakan. Jadinya banyak petani yang memilih untuk menanam buah pepaya ini.

Beberapa kelebihan dari pepaya California adalah daging buahnya tebal dan rasanya manis, lalu cepat berbuah. Maka dari itu, petani pepaya California bisa mendapatkan untung yang banyak setiap panen.

Meski merupakan varietas unggul tapi pepaya California juga bisa terancam oleh penyakit atau serangan hama. Apabila sudah terkena hama maupun penyakit, meskipun sedikit bisa langsung membuat pengaruh buruk yang luar biasa.

Maka dari itu, untuk bisa menghindari hama-hama nakal dan penyakit pada pepaya ini, Anda harus tahu cara merawat pepaya California agar terhindar dari gangguan-gangguan tersebut.

Macam-macam Hama Pepaya dan Cara Mengatasinya

Kendala yang biasa dihadapi oleh petani pepaya California adalah berbagai jenis hama dan penyakit. Pada tanaman pepaya ada 3 buah hama yang masing-masing punya tingkat kerusakan tersendiri.

Hama-hama yang biasanya merusak pepaya adalah kutu putih, lalat buah, dan tungau berwarna cokelat/merah/hijau. Berikut ini pembahasan mengenai ketiga hama tersebut dan cara merawat pepaya California supaya hama tersebut dapat dibasmi.

Hama Lalat Buah

Lalat buah biasa menyerang berbagai buah-buahan bukan hanya pepaya California. Cara mereka mengganggu pepaya adalah menusuk buah dengan moncongnya. Moncongnya itu mampu menembus kulit buah. Setelah itu mereka akan meletakkan telurnya pada buah yang dihinggapi.

Telur tersebut akan berkembang dari 1 sampai 20 hari. Perkembang biakannya sangat cepat dan bergerombol. Hal yang akan terjadi ketika lalat telah berkembang biak adalah membuat buah pepaya rontok atau penuh dengan benjolan.

Cara merawat atau mengatasi hama ini bisa dengan menggunakan alat-alat sederhana. Anda bisa membuat sebuah perangkap yang dibuat dari botol plastik.

Kemudian di dalam botol tersebut ditambahkan dengan kapur barus atau petrogenol. Gantungkan botol perangkat tersebut di sekitar pepaya sehingga lalat nantinya pergi karena tidak nafsu makan.

Hama Tungau Cokelat/Hijau/Merah

Cara merawat pepaya California kedua adalah untuk mengusir hama tungau dengan berbagai warna ini. Tungau yang biasa menyerang pepaya bentuknya sama, yaitu mirip dengan laba-laba kecil tapi hampir tidak terlihat karena biasanya memiliki ukuran 1 mm kurang.

Cara hama ini merusak pepaya California adalah menghisap tunas muda atau daun pucuknya. Bagian tersebut nantinya akan memiliki bekas luka berupa bintik-bintik kuning. Lama-kelamaan akan berubah menjadi hitam sehingga pepaya tidak sehat dan mengkerut.

Cara mengusir hama tersebut adalah dengan menggunakan tepung belerang. Cara menggunakannya dengan menghembuskan atau menyimpan tepung belerang di permukaan daun yang telah diserang. Bisa juga dengan cara menyemprotnya menggunakan akarisida.

Hama Kutu Putih

Kutu bisa muncul dimana saja bukan hanya pada rambut manusia atau hewan, berbagai jenis tanaman juga rentan diserang kutu.

Kutu yang biasa menyerang pepaya memiliki bentuk tubuh yang kecil dan berwarna putih. Lalu ditutupi oleh selaput benang yang lembut. Mereka melakukan penyebaran dengan berkoloni dengan semut atau terbang bersama angin. Kemudian akan berkembang biak secara bergerombol.

Kutu ini akan merusak pepaya dengan cara menghisap cairan sel yang ada pada jaringan batang buah dan daun. Kerusakan yang disebabkan oleh kutu putih ini adalah daun pepaya akan mengkerut karena kehabisan cairan kemudian menjadi mati dan rusak.

Setelah menyerang daun pepaya, kutu tersebut akan menyerap cairan dari buahnya. Kerusakan atau kerugian yang akan dialami karena kutu ini akan sangat besar karena mereka selalu datang bergerombol.

Cara untuk mengatasi kutu pada pepaya adalah dengan menyemprotkan cairan insektisida alika. Apabila sudah terlalu parah maka bisa ditambahkan deterjen kemudian pangkas dan buang bagian pepaya yang terserang kutu tersebut.

Merawat Pepaya California dari Penyakit

Selain terserang hama, pepaya California juga bisa terserang penyakit. Ada banyak sekali jenis penyakit yang bisa menyerang pepaya ini.

Namun sebelumnya ada informasi dulu untuk Anda apabila ingin mencari pepaya California yang bagus dan bebas dari hama atau penyakit, Anda bisa mengunjungi website www.jualbibitpepaya.com.

Nah, sekarang saatnya ketahui berbagai jenis penyakit pepaya California dan cara merawatnya supaya dapat disembuhkan. Berikut ini penyakit-penyakit tersebut.

Penyakit Busuk

Buah apa saja memang bisa menjadi busuk apabila dibiarkan terlalu lama. Namun jika untuk dikonsumsi sendiri tidak terlalu masalah tapi bagaimana jika pepaya yang busuk tersebut harus dijual oleh petani sehabis panen?

Penyakit busuk dari pepaya California disebabkan oleh Rhizopus stolonifer Lind. Biasanya penyakit ini akan muncul setelah panen ketika pepaya diangkut dan disimpan. Penyakit busuk akan menyerang pepaya yang telah terluka dan tua sehingga akhirnya membuat pepaya jadi bonyok, busuk, dan berair.

Cara merawat atau mengendalikan penyakit ini adalah harus memusnahkan buah buah yang sudah sakit atau mengalami pembusukan. Kemudian untuk pepaya lainnya yang masih utuh bisa direndam ke dalam air panas yang punya suhu 47 derajat Celcius dalam waktu 20 menit.

Kemudian simpan buah di suhu 10 derajat Celcius, lebih baik jika dibungkus menggunakan kertas ketika panen supaya tidak ada luka.

Penyakit Tepung

Gejala dari penyakit ini adalah adanya cendawan yang menyerang daun lewat permukaan bawah. Pepaya yang mengalami penyakit ini akan memiliki daun yang berwarna putih mirip tepung.

Kemudian di bagian dekat dengan tulang daun akan terdapat bintik berwarna hijau pucat atau kuning. Cara untuk merawat pepaya supaya tidak mengalami masalah ini adalah dengan memberikan tepung belerang dengan dosis 0,7% ke daun pepaya ketika suasana cerah saat pagi hari.

Mozaik Pepaya

Pepaya yang terserang penyakit ini akan terlihat jelek pada bagian batang, daun, dan buahnya. Ciri pepaya yang terserang penyakit ini adalah daun terlihat sangat kasar kemudian pada bagian sisinya ada garis-garis tipis berbentuk mozaik yang tidak teratur.

Mozaik tersebut akan berwarna hijau gelap. Jika terkena penyakit ini maka daun akan terhambat pertumbuhannya, kemudian ukurannya bisa mengecil dan menumpuk pada bagian atasnya sehingga mengakibatkan gugurnya daun.

Cara merawat atau menghilangkan penyakit ini adalah memusnahkan pepaya yang telah terserang. Lalu tanam kembali benih pepaya yang sehat lalu kendalikan faktor penularnya.

Busuk pada Pangkal Batang dan Akar

Penyebab dari penyakit pepaya ini adalah jamur bernama Phytophthora palmivora. Gejala yang terlihat dari pepaya dengan penyakit ini adalah daun bagian bawah akan layu kemudian berubah menguning. Sebelum rontok daun tersebut akan menggantung pada sekitar batang.

Kemudian daun yang masih muda akan memiliki gejala yang sama sehingga di pucuknya hanya terdapat sedikit daun kecil. Jika dibiarkan tanaman akan mati. Sementara itu, pada bagian akar lateralnya akan membusuk dengan menghasilkan warna cokelat tua berbau tidak enak dan akar jadi lunak.

Cara untuk menghilangkan penyakit ini adalah dengan mensterilkan tanah yang akan disimpan bibit. Kemudian jika akan menanam bibit kembali jangan terlalu dalam. Jika ada tanaman yang sudah sakit maka harus dibongkar sampai ke akar-akarnya kemudian bakar. Agar mencegah serangan semprotkan fungisifa di bagian yang dekat dengan tangkai buah.

Itulah dia informasi mengenai cara merawat pepaya California dari berbagai jenis hama dan penyakit. Sebelum menanam, ada baiknya Anda membeli bakal papaya California yang bagus di website www.jualbibitpepaya.com.