Jualbibitpepaya- Pepaya California bisa ditemukan dengan mudah di pasar maupun supermarket karena memang ada banyak petani yang membudidayakan pepaya jenis ini. Pepaya California memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan pepaya lainnya sehingga permintaannya sangat besar. Bukan hanya tukang jual pepaya yang laku tapi juga yang jual bibit pepaya.

Untuk menghasilkan pepaya California yang baik maka harus menggunakan bibit yang baik pula. Penanaman kembali pohon pepaya juga bisa dilakukan menggunakan biji pepaya California yang sudah matang.

Jika Anda ingin menanam pepaya ini di pekarangan rumah atau ingin membudidayakannya maka harus tahu dimana atau bagaimana mencari tempat jual bibit pepaya yang baik. Namun, sebelum itu ketahui dulu apa beda dan kelebihan dari pepaya California dibandingkan pepaya lain.

Keunggulan Pepaya California

Meski namanya pepaya California tapi sebenarnya pepaya ini berasal dari Indonesia. Makanya dapat ditemukan dengan mudah di sini. Jumlah petani pepaya California lebih banyak dibandingkan dengan pepaya jenis lain karena keuntungannya yang sangat besar. Selain penjual pepaya matang, orang yang menjual bibit pepaya California juga dapat untung besar.

Pepaya California dikenal juga dengan nama pepaya Calina. Ukuran pepaya yang bagus minimal 1,3 kg. Tentu saja dalam masalah berat pepaya ini termasuk unggul. Namun selain itu banyak keunggulan lainnya yang menyebabkan banyaknya petani dan konsumen jenis pepaya ini.

Pepaya California termasuk tanaman yang cepat berbuah. Kemudian dapat dipanen ketika berusia 8 atau 9 bulan. Jika dilihat dari buahnya saja, pepaya California memiliki bentuk fisik yang sama dengan pepaya jenis lain. Namun ketika melihat pohonnya akan beda dari jenis pepaya biasa.

Pohon pepaya California memiliki batang yang tidak terlalu tinggi. Tinggi pohonnya hanya 1,5 – 2 meter. Petani pepaya ini bisa sering mendapatkan uang dari penjualannya karena dalam suatu bulan bisa dipanen sebanyak 3 – 4 kali. Apabila dibudidayakan secara massal tentu saja akan menghasilkan omset yang sangat besar.

Setiap kali panen satu pohon pepaya ini dapat menghasilkan 4 buah sehingga jika berada pada lahan satu hektare, sekali panen bisa menghasilkan pepaya sebanyak 3 ton.

Pepaya ini terdiri atas dua jenis, yaitu orange lady dan IPB9. Keduanya memiliki ciri-ciri yang berbeda dari bentuk buah maupun cara tumbuhnya. Berikut ini informasi mengenai ciri masing-masing jenis pepaya California.

Jenis Orange Lady

Berikut ini ciri-ciri dari pepaya California jenis orange lady.

  • Tumbuhnya mudah karena tidak mengenal musim.
  • Memiliki biji pepaya dengan bentuk lonjong dan kecil, kemudian dilindungi oleh cangkang pelindung yang kasar.
  • Tempat tanam yang paling cocok adalah daerah yang memiliki ketinggian di atas permukaan laut 50 sampai 800 meter.
  • Daunnya sama seperti tanaman pepaya umum.
  • Batangnya berbentuk luas dan pendek jadi hampir kerdil.
  • Mudah sekali berbuah, lalu sangat tahan terhadap segala jenis penyakit dan hama.
  • Bobot pepaya yang sudah matang sekitar 1,7 kg.
  • Memiliki daging yang tebal dan berwarna merah cerah. Sementara bagian kulitnya lumayan tebal dan memiliki rongga yang kecil.
  • Biasanya bibit pepaya California Orange Lady yang akan dijual dibungkus menggunakan bahan aluminium foil.
  • Bisa disimpan dalam waktu sampai dengan 5 bulan jadi termasuk tahan lama. Jika diangkut dalam pengiriman jarak jauh akan baik-baik saja.
  • Ketika ditanam tidak dicampurkan dengan varietas pepaya yang lainnya jadi kesehatan tanamannya sangat baik.

Jenis IPB9

Ciri-ciri pepaya California jenis ini tidak jauh beda dengan orange lady. Bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Benihnya juga memiliki bentuk yang lonjong tapi lebih kecil.
  • Dapat berbuah dengan lebat bahkan bisa sampai 50 biji.
  • Ketika berusia 3 bulan akan ada banyak bunga yang muncul.
  • Warna kulitnya akan menjadi kekuningan jika buah ini hampir masak. Namun, jika belum matang warna kulit bagian luarnya adalah hijau cerah.
  • Jika dibuka pada daging bagian tengahnya ada lubang berbentuk bintang lima.
  • Hanya bertahan 5 hari jika disimpan tanpa bantuan pengawet.

Tips Pilih Benih dan Penjual yang Baik

Orang atau toko yang jual bibit pepaya California ada sangat banyak. Namun jangan mudah percaya pada setiap toko yang menjual bibit pepaya ini.  Terkadang jika Anda membeli benih yang ada di toko pertanian juga masih tertipu.

Sering sekali ditemui sebuah toko pertanian yang menjual bibit pepaya kurang baik karena mereka memesan biji tersebut dari para petaninya langsung. Hal ini bisa terjadi karena ada petani yang menggunakan biji pepaya yang buahnya busuk, lembek, atau tidak laku dijual.

Jika Anda akan membeli benih atau bibit pepaya California secara online maka pilih yang telah memiliki sertifikat. Seperti yang dijual di website www.jualbibitpepaya.com.

Ciri benih bersertifikat yang bagus adalah memiliki daya tumbuh yang tinggi, buahnya 70% sempurna, dibungkus menggunakan tempat berbahan aluminium foil agar tahan terhadap serangan jamur, dan batas maksimal masa berlakunya adalah 5 bulan.

Jika belum menemukan toko yang jual bibit pepaya California terpercaya maka Anda bisa membuatnya sendiri. Bibit atau benih untuk menanam pepaya California yang bagus harus dihasilkan dari pepaya yang sudah matang dan berbuah baik.

Caranya adalah dengan memilih dari pepaya yang telah matang di pohon dan memiliki bentuk sempurna. Bagian biji yang paling bagus untuk diambil adalah sepertiga dari bagian tengahnya karena biasanya menghasilkan pepaya sempurna yang paling baik. Sedangkan di bagian ujungnya sering menghasilkan pepaya betina.

Ya, benih pepaya juga bisa dibedakan menjadi benih betina, jantan, dan banci (sempurna). Benih betina dan jantan kurang baik untuk dipilih sementara yang banci atau sempurna justru yang paling baik. Apabila benih ternyata betina maka daging pepayanya akan tipis dan bentuknya membulat. Apabila jantan tidak akan pernah berbuah. Sedangkan jika sempurna akan memiliki daging yang tebal, bentuk besar, dan tumbuh lebat di pohon.

Untuk mengetahui jenis kelamin ini Anda harus melakukan penyeleksian bibit.

Cara untuk melakukan seleksi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Siapkan pepaya yang baik dengan ciri bebas dari penyakit, tubuhnya, memanjang, dan tidak cacat. Biarkan sampai buah itu matang di pohon. Supaya proses penyerbukannya terkontrol maka bungkus pepaya menggunakan kain ketika masih menjadi bakal buah.
  • Kemudian jika pangkal sudah tumbuh, potong sepertiga bagian buahnya dan pada bagian pangkal disisihkan.
  • Sesudah pepaya matang selanjutnya buang bagian ujung sampai tengahnya lalu belah dan bijinya diambil. Ambil biji yang ada di tengah buah sampai ujung supaya nanti ketika ditanam akan menjadi pohon yang sempurna.
  • Kemudian pilih biji dengan warna hitam, jangan bawa yang berwarna semua kecoklatan atau putih pucat.
  • Sesudah itu cuci bijinya menggunakan air bersih kemudian remas secara perlahan supaya lapisan pembungkus biji yang tipis lepas.
  • Selanjutnya jemur biji tersebut sambil di angin angin kan agar kering tapi jangan sampai terkena matahari langsung.

Supaya lebih mudah cara mengetahui jenis kelamin pepaya adalah melihat bunga yang muncul pertama kali di pohon. Jika bunganya tumbuh tunggal maka kemungkinan besar buah itu akan sempurna atau betina. Sementara jika berkelompok maka artinya pohon tersebut jantan. Jika jenis kelaminnya bukan sempurna ganti saja menggunakan bibit lain karena akan percuma, pepaya California tidak akan berbuah dan tidak bisa dijual.

Itulah dia informasi mengenai cara memilih bibit pepaya. Jika Anda bingung mencari tempat jual bibit pepaya yang berkualitas, kunjungi website www.jualbibitpepaya.com.