Buah pepaya mengandung berbagai nutrisi yang berguna bagi tubuh, seperti aneka vitamin, betakaroten, protein, lemak dan berbagai enzim dan senyawa yang sangat berguna bagi tubuh manusia. yang paling banyak terdapat dalam pepaya adalah vitamin A dan betakaroten. Fungsi betakaroten adalah sebagai antioksidan

Pepaya California mempunyai Kandungan dalam 100 gram pepaya sudah sangat cukup untuk memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh seperti kandungan vitamin A sebanyak 1.750 IU, vitamin B 0.03, vitamin C 59 mg, protein 0.6 gram, kalsium 20 mg, niacin 0.3 mg serta kandungan lain seperti zat besi, karbohidrat, kalium, riboflavin, fosfor, kalori, dan lemak.

Manfaat Pepaya California menurut Agro Tunas Pepaya antara lain :

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan biasanya selalu melibatkan perut. Beberapa gangguan pencernaan seperti sembeli dan semacamnya bisa diobati dengan rutin mengkonsumsi buah karena kandungan anti oksidan tinggi yang sangat membantu dalam mengatasi segala gangguan pencernaan. Selain itu, fungsi lain dari buah ini adalah membantu dalam membersihkan usus yang jika kotor bisa menyebabkan berbagai masalah pada organ usus Anda. Penggunaan untuk manfaat ini paling efektif adalah dengan cara dijadikan jus.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan phenotic serta flavonoid pada buah pepaya sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Ginal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, khususnya mengusir segala jenis racun yang ada dalam tubuh. Sama dengan menyehatkan sistem pencernaan, metode yang paling cocok untuk menyehatkan ginjal adalah dengan dimakan secara langsung atau dijadikan jus. Selain buahnya, ternyata biji pepaya juga mengandung zat ini sehingga baik untuk ginjal.