Jualbibitpepaya – Pepaya California memiliki rasa yang manis dan buah yang tebal sehingga banyak disukai. Bagi para petani memiliki hasil panen yang banyak merupakan sebuah kebahagiaan. Oleh karena itu, mereka bisa mendapatkan uang yang banyak karena mampu menjual banyak pepaya California.

Merawat pepaya California supaya buahnya lebat sebenarnya tidak terlalu sulit. Asal Anda tahu cara untuk merawatnya.

Pada pembahasan ini akan ada informasi bagaimana caranya untuk merawat tanaman pepaya California agar berbuah lebat sehingga panennya melimpah. Informasi ini juga bisa menjadi referensi cara merawat pepaya bagi Anda yang punya tanaman ini di rumah dan ingin menikmati hasil buahnya yang banyak.

Syarat Pepaya California Agar Buahnya Banyak

Selain dengan merawatnya, banyaknya pepaya California yang tumbuh juga bisa terjadi karena lingkungannya. Ada beberapa unsur atau syarat yang harus dipenuhi sebuah tempat menanam pepaya California agar buahnya banyak.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan supaya buah dari pepaya California bisa ada banyak.

  • Suhu

Suhu yang baik untuk daerah penanaman pepaya California adalah 25 sampai 30 derajat Celcius. Oleh karena pada kisaran suhu tersebut perkecambahan bijinya akan lebih cepat.

  • Cahaya Matahari

Matahari memang membuat pengaruh yang besar pada tumbuhnya sebuah tanaman. Pepaya California butuh intensitas cahaya matahari 100% supaya daunnya dapat melakukan fotosintesis dengan lebih optimal.

  • Air

Air adalah faktor utama untuk merawat pepaya California supaya pertumbuhannya baik. Pepaya California membutuhkan banyak air pada saat masa pembungaan dan pembuahan. Lalu lahan juga harus memiliki kelembapan yang tinggi supaya bunga tidak berguguran dan penyerbukan berlangsung sempurna.

  • Curah Hujan

Curah hujan yang baik untuk membuat pepaya California tumbuh maksimal adalah 100 mm setiap setengah tahun jadi tidak perlu menggunakan pengairan tambahan. Namun jika curah hujan kurang cukup maka pengairan tambahan harus diberikan.

  • Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat akan berpengaruh terhadap waktu pembibitan. Ketinggian yang rendah akan membuat waktu penyemaian semakin cepat. Selain itu, ketinggian tempat juga memberikan pengaruh pada kualitas dan ukuran buah.

  • Kesesuaian Lahan

Pepaya California lebih cocok jika ditanam pada tanah yang subur dan kayak dengan bahan-bahan organik. Akan lebih baik lagi jika tanahnya mengandung humus dan sedikit berpasir.

  • Angin

Angin akan membantu proses penyerbukan makanya menjadi faktor penting dalam merawat pepaya California. Angin yang tepat adalah tidak terlalu kencang sehingga batang pepaya tidak akan roboh.

  • Kelembapan

Kelembapan yang diperlukan oleh pepaya ini adalah 66%. Apabila terlalu rendah maka bisa membuat daun yang sudah tua cepat gugur, lalu bunganya berubah jadi bunga jantan. Jika demikian produksi pepaya California ini akan berkurang.

Nah, ini adalah syarat untuk membuat pepaya California tumbuh lebat dari segi lingkungannya. Agar lebih maksimal lagi Anda sebagai orang yang memeliharanya harus tahu cara merawat pepaya California.

Anda bisa mendapatkan pepaya California dengan kualitas baik di www.jualbibitpepaya.com.

Tips Merawat dan Menanam Pepaya California

Perawatan tanaman pepaya dilakukan dengan memperhatikan banyak hal seperti bibit dan pupuk yang dipakai, cara pemangkasan, cara memanam, dan lain sebagainya. Bisa juga dengan menanam bibit pepaya California yang bagus. Contohnya yang dibeli di website www.jualbibitpepaya.com.

Ini dia beberapa cara merawat tanaman pepaya California yang benar.

  • Cek Tingkat Keasaman Tanah

Pertama, Anda harus tahu tingkat keasaman dari tempat penyemaian biji pepaya supaya bisa membuatnya netral. Lalu dapat membuat tanah menjadi lembap dan gembur. Caranya adalah membuat bedeng yang juga menjadi tempat penyerapan air.

  • Cek Kondisi Tanah

Kedua, Anda harus memastikan bahwa tanah yang akan ditanami pepaya bebas dari penyakit. Kemudian bersih dari bekas tanaman pepaya sebelumnya yang berpenyakit. Alasannya supaya pertumbuhan jamur yang tadinya ada dapat dihilangkan. Jadi tidak membuat pepaya rusak.

  • Jangan Biarkan Air Menggenang

Pepaya California memang butuh air yang cukup, tapi jangan terlalu banyak. Jika air yang digunakan terlalu banyak maka pohon pepaya yang masih muda akan mudah busuk. Sementara ketika musim kemarau bisa diberikan jerami yang berguna untuk mengurangi adanya penguapan air. Dengan begitu kekeringan pada tanaman pepaya tidak akan terjadi.

  • Pemberian Pupuk

Merawat pepaya California yang baik salah satu cara lainnya adalah dengan menyianginya. Sambil melakukan hal tersebut minimal dua bulan sekali, Anda bisa memberikan pupuk organik maupun anorganik.

Perlu Anda ketahui bahwa pemupukan adalah hal yang sangat penting dari sebuah budidaya pepaya California. Apabila tidak diberikan pupuk yang cukup maka buahnya tidak akan manis.

Anda bisa memberikan pupuk setiap minggu dengan pupuk kimia seperti pupuk TSP 50 gram, ZA 50 gram, Urea 35 gram, dan KCl 40 gram. Campurkan semuanya dan berikan pada sekitar tanaman dengan bentuk melingkar.

Lalu 1 bulan sesudah itu berikan pemupukan yang kedua. Campurkan pupuk Urea 35 gram, ZA 75 gram, TSP 75 gram, dan KCl 40 gram. Lalu berikan lagi pupuk ketika pepaya berusia 3 sampai 5 bulan, dan 6 bulan.

Bisa juga ditambah dengan penyiraman pupuk organik ke lubang tanam setiap 1-2 bulan sekali. Dosisnya adalah per 10 liter air gunakan satu sendok makan. Bisa ditambahkan juga dengan campuran fungisida, insetisida, ZPT, dan pupuk daun. Semprotkan campuran tersebut.

  • Cegah Hama Dan Penyakit

Daripada terlambat untuk mengobati tumbuhan pepaya California, lebih baik cegah adanya hama belalang, jamur, dan ulat yang suka membuat daun pepaya rusak. Caranya adalah dengan memakai pupuk pestisida. Dengan melakukan tindakan pengusiran hama ini maka pepaya bisa tumbuh lebih subur.

Petani harus memperhatikan tanamannya sejak tumbuh tunas. Jangan hanya diperhatikan ketika akan panen.

  • Lakukan Pemangkasan

Pemangkasan tanaman pepaya adalah salah satu cara merawatnya supaya bisa tumbuh lebih subur. Pemangkasan pertama dilakukan pada saat tanaman berusia 1 bulan atau ketika ada pada ketinggian 40 sampai 50 cm. Potong bagian pupus atau daun muda yang ada pada bagian paling atas sehingga nantinya muncul tunas baru. Waktunya sekitar 10 hari.

Apabila tunas tersebut sudah tumbuh, potong kembali batang pohon dan sisakan setinggi 15 cm dari permukaan tanah. Setelah 7 hari akan muncul cabang baru dan biasanya cabang tersebut hanya ada satu yang paling bagus, dan nantinya akan tumbuh besar. Sedangkan untuk tunas lainnya yang tidak tumbuh buang saja. Hal ini bertujuan untuk membuat zat makanan jadi lari ke tunas yang paling bagus tersebut.

Pemotongan ini akan membuat munculnya hormon-hormon pembentukan bunga juga buahnya. Selain pada tunas, Anda juga bisa memotong tanaman yang telah tua. Anda bisa memanen pepaya ketika sudah berusia 7 bulan.

Dengan cara perawatan ini membuat produktivitas dan hasil pepaya akan sangat banyak. Jika dirawat dengan baik maka dalam satu batang pohon bisa menghasilkan hingga 22 buah pepaya California. Apabila akan dikomersilkan maka akan membuat untung yang sangat banyak.

Apabila Anda ingin mendapatkan bibit atau bakal pepaya yang bagus bisa mengunjungi website www.jualbibitpepaya.com.

Demikianlah informasi mengenai cara merawat pepaya California yang bisa dibahas. Semoga dengan pembahasan ini Anda jadi bisa lebih mengerti dalam hal perawatan pepaya California.