Jualbibitpepaya- Benih pepaya California merupakan salah satu varian benih pepaya. G kata “California”, benih pepaya ini menariknya justru bukan dari salah satu wilayah Amerika Seikat tersebut. Benih ini justru berasal dari Bogor, khususnya dari Insitit Pertanian Bogor (IPB).

Benih ini mulanya ditemukan oleh peneliti dari IPB. Setelah ditemukan, benih ini kemudian dinamai dengan nama oepaya Calina, dengan nomor varietas IPB-9. Saat benih ini dipasarkan, orang-orang selalu salah menyebut nama benih ini. Seringkali benih ini disebut dengan nama benih California. Dari situlah, mengapa benih ini akhirnya dikenal dengan nama benih pepaya California.

Keunggulan utama dari benih ini tentu saja buahnya. Buah dari benih ini sendiri ukurannya tidak terlalu besar, sehingga buahnya bisa dikonsumsi walau hanya seorang diri saja. Rasa buahnya sendiri sangat manis, dan tekstur buahnya juga begitu gurih.

Tak sampai di situ, buah tersebut juga bisa langsung dipanen saat benih berusia 9 bulan. Masa paenannya pun tergolong banyak, di mana Anda bisa memanen buah pepaya California sebanyak 4 kali dalam kurun waktu sebulan.

Cara Menyemai Benih Pepaya California

Untuk mendapatkan keunggulan benih ini, maka kita harus membudidayakan benih tersebut. Membudidayakan benih ini sendiri dilakukan dengan berbagai langkah. Salah satu langkah tersebut adalah penyemaian.

Langkah ini merupakan langkah pertama dan mendasar dalam pembudidayaan benih pepaya California. Bila langkah ini dilakukan dengan baik dan benar, maka Anda bisa melakukan langkah budidaya selanjutnya dengan baik dan benar pula.

Oleh karena itulah, langkah ini harus dilakukan dengan baik dan benar. Penyemaian sendiri dapat dilakukan di dua media berbeda, yaitu polybag dan juga lahan.

Cara Menyemai Benih Pepaya California di Media Polybag

Polybag merupakan salah satu media yang tepat untuk penyemaian. Hal itu dikarenakan media ini mampu menyangga benih, sekaligus menjaga benih dari jamur. Jika hendak menggunakan media ini, pastikan media ini mempunyai ukuran sekitar 22 x 17 cm.

Sebelum menyemai benih ke polybag,  pastikan polybag terisi oleh media semai. Media semai sendiri merupakan media semai sendiri merupakan tempat ditanamnya benih yang terbuat bahan-ban tertentu. Media semai sendiri dibuat dengan sejumlah tahap, yaitu:

  • Siapakan dua ember tanah, kemudian ayaklah tanah tersebut secara merata.
  • Siapkanlah satu ember pupuk kandang. Pastikan pupuk kandang tersebut benar-benar matang dan juga steril. Sama seperti halnya tanah, bahan ini juga harus Anda ayak terlebih dahulu secara merata.
  • Siapkanlah 50 gram TSP dan tumbuklah hingga halus.
  • Siapkan 30 gram Curater atau Petrofar.
  • Campurkanlah keempat bahan di atas hingga merata.
  • Setelah tercampur rata, masukkan campuran dari keempat bahan tersebut ke dalam

Setelah media tanam dimasukan ke dalam polybag, kini tiba saatnya untuk melakukan penyemaian. Penyemaian sendiri dilakukan dengan beberapa tahap, di mana tahap-tahap tersebut adalah:

  • Buatlah lubang tanam pada media tanam dengan menggunakan jari tangan Anda. Disarankan untuk membuat lubang tersebut sebanyak empat atau lima buah lubang.
  • Masukan benih ke dalam lubang-lubang tersebut. Tiap lubangnya hanya bisa diisi oleh satu bbenih pepaya California saja.

Cara Melakukan Peyemaian Pepaya California di Lahan Terbuka

Bila benih di polybag telah besar, maka Anda bisa menyemai benih tersebut ke lahan terbuka. Benih yang sudah besar sendiri punya sejumlah ciri, yaitu: benih sudah tumbuh dengan keetinggian 16 hingga 19 cm; dan benih telah berusia sekitar 46 hingga 59 hari.

Sebelum menyemai benih pepaya ini di lahan, ada baiknya bila Anda menyiapkan lahannya terlebih dulu. Adapun langkah-langkah menyiapkan lahan tersebut adalah:

  • Pastikan lahan berada di dataran rendah atau tinggi, dengan ketinggian mencapai 700 mdpl.
  • Pastikan pula kondisi tanah cukup subur dan berpasir; bersuhu sekitar 20\5-30 derajat celcius; dan punya tingkat kelembaban sekitar 40%.
  • Berishkan lahan dari gulma atau rumput liar yang ada di atasnya, agar nantinya benih tidak terrganggu oleh gulma atau rumput tersebut.
  • Bila tanah lahan cuukup gembur, maka Anda bisa mencangkuli tanah lahan itu secara bolak-balik untuk menetralkan unsur hara tanah tersebut.
  • Buatlah bedengan di atas tanah lahan. Bedengan bisa dibuat dengan jumlah banyak/bedengan sendiri dibuat agar benih tidak tergenangi oleh air.
  • Buatlah lubang di atas bedengan itu sebesar 50 cm dengan jarak 2,5 m x 2,5m di tiap lubangnya.
  • Lubang tersebut kemudian ditimbun kembali dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Usahakan campuran tanah tersebut tidak menutpi lubang sepenuhnya. Setelah itu, berilah air secukupnya pada lubang tersebut.
  • Bila lahan tanah tersebut merupakan bekas tanah urug, maka Anda mesti memisahkan tanah tersebut dari barang-barang mengganggu. Misalnya: kerikil, batu bata, atau pecahan batu bata.
  • Setelah benda-benda tersebut disingkirkan, buatlah lubang sebesar 40 atau 50 cm. lubang tersebut kemudian diberi campuran tanah dan pupuk kandang, dan sedikit disirami dengan air.

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa melakukan cara lain untuk menyiapkan lahan. Adapun cara-cara tersebut adalah:

  • Gemburkanlah lahan dengan cara dicangkul sedalam 19 cm.
  • Taburkanlah tanah lahan dengan pupuk kandang yang telah matang sebanyak 39 kg.
  • Campurkanlah pupuk kandang tersebut dengan tanah dengan cara dicangkul secara merata.
  • Buatlah lubang di atas tanah lahan sebesar sedalam setengah sentimeter, dengan jarak sebesar 12 cm x 12 cm di tiap lubangnya.
  • Buatlah naungan untuk lahan, dan tempatkanlah naungan tersebut di atas lahan. Naungan sendiri dibuat serupa atap pohon, dan bisa dibuat dari kayu ataupun besi. Naungan sendiri dibuat untuk melindungi benih dari guyuran hujan dengan curah tinggi.

Setelah lahan dipersiapkan, kini tiba saatnya melakukan penyemaian. Penyemaian sendiri dilakukan dengan memasukan benih ke dalam lubang, dan menutupinya dengan tanah. Pastikan tiap lubang diisi dengan satu benih saja.

Itulah sejumlah cara penyemaian benih pepaya California, baik itu lewat media polybag maupun lahan. Dengan melakukan cara tersebut, Anda pun bisa melakukan penyemaian dengan baik. Dengan begitu, bibit pun bisa tersemai dengan baik, dan Anda bisa melakukan langkah-langkah budidaya selanjutnya dengan baik dan lancar.

Ada sejumlah tips dalam melakukan penyemaian. Salah satunya adalah dari segi waktunya. Saat melakukan penyemaian, Anda disarankan untuk melakukannya pada bulan Januari atau Februari. Hal itu dilakukan karena dua waktu tersebut adlaah dua waktu terbaik untuk  melakukan penyemain. Selain itu, di dua bulan tersebut, intensitas hujan mulai menurun, sehingga tanah pun tidak terlalu basah.

Bila Anda ingin membeli benih untuk penyemaian, Anda bisa membelinya di situs www.jualbibitpepaya.com. Di situs tersebut Anda bisa mendapatkan benih pepaya California siap semai dengan kualitas baik. Tak hanya mendapatkan benih, Anda pun juga bisa mendapatkan pelatihan dan konsultasi bila Anda membeli benih di situs ini.