JualBibitPepaya – Pepaya California merupakan salah satu jenis pepaya yang cukup digandrungi oleh masyarakat karena beragam manfaat yang dikandung di dalamnya, Pepaya yang satu ini mengandung antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan karena sinar matahari, mencegah timbulnya jerawat, mencegah kanker, menjaga sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah kanker. Selain memiliki beragam manfaat, pepaya ini juga mempunyai rasa manis dan segar, daging buah tebal, pohon ramping, usia panen yang singkat, dan tidak memakan banyak ruang.

Buah pepaya memiliki banyak varian jenis, namun jenis yang paling unggul tentunya Pepaya California Keunggulan buah papaya Agro Tunas Pepaya sebagai berikut :

  • Ukuran buahnya tidak terlalu besar sehingga praktis untuk dikonsumsi dan trasportasi
  • Jenis kulit yang cukup tebal dan berbentuk lonjong dengan tekstur daging buah yang tebal dan kenyal
  • Mempunyai berat sekitar 0,8-2kg,
  • Bentuk batangnya pendek, sehingga memudahkan kita untuk melakukan perawatan dan pemanenan
  • Buah ketika matang berwarna kuning dan rasanya manis.
  • Sering digunakan dalam acara-acara jamuan makan untuk acara tertentu

Dalam budidaya tanaman pepaya dibutuhkan sistem drainase tanah yang baik agar bisa tumbuh secara optimal, usahakan agar di sekitar tanaman pepaya tidak ada genangan air karena itu akan menyebabkan pembusukan pada tanaman papaya, tanaman pepaya sangat cocok ditanam di tanah yang gembur dengan porositas yang baik dan pH tanah sekitar 6-7.

Jika anda tertarik untuk membudidayakan Pepaya California, Berikut ini merupakan beberapa langkah budidaya agar cepat berbuah yang bisa dilakukan dari Agrotunaspepaya :

1. Persiapan Benih & Cara Penyemaian Bibit Pepaya California

Agar hasil yang diperoleh memuaskan, sebaiknya gunakan benih yang berkualitas dan sudah teruji, kami selaku agro tunas pepaya menyediakan benih dan bibit Pepaya California dengan kualitas unggulan dan diperbanyak dengan biji (generatif).

Benih disemai terlebih dahulu menggunakan polybag yang berdiameter minimal 10 cm, media semai yang digunakan berupa campuran tanah, arang sekam, kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 2 : 1.

Aduk semua bahan hingga tercampur rata, kemudian letakkan ditempat terbuka yang terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung. Setelah 7 atau 10 hari masukkan media semai kedalam polybag dan benih pepaya california siap untuk disemaikan, bibit sudah bisa ditanam setelah berusia 1 atau 1,5 bulan.

2. Persiapan lahan budidaya pepaya california

Langkah selanjutnya dalam budidaya pepaya california ialah mempersiapkan lahan yang tepat. Pepaya akan tumbuh lebih baik pada area yang disinari oleh sinar matahari sepanjang hari. Dengan melimpahnya sinar matahari dan tanah yang subur, pepaya bisa berbuah lebih cepat walaupun masih pendek sekalipun.

Lahan dibersihkan dan kemudian digemburkan dengan dicangkul ataupun dibajak. Untuk tanah dengan pH di bawah 6, sebaiknya ditaburkan dengan dolomit. Setelah itu buatlah bedengan – bedengan dengan lebar 2 Meter. Bedengan dibuat untuk menghindari tergenangnya air di area tanam pepaya california. Namun jika ingin mengehamt anggaran dan waktu membuat bedengan, lahan tanpa bedengan pun bisa jadi.

3. Proses Menanam Pepaya California

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam pepaya diantaranya adalah lahan tanam harus dilakukan pengairan sehari sebelum ditanami. Pindahkan bibit pepaya berserta dengan polybagnya ke lubang tanam. Usahakan pada proses pemindahan agar tanah pada polybag tetap utuh dan tidak boleh hancur, sehingga bibit tidak layu bahkan mati. Selanjutnya tutup lubang tanam dengan menggunakan pupuk kompos/kandang. Bibit yang dipindahkan ke lahan tanam setidaknya berumur 5 bulan dan proses penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari.

4. Pemeliharaan dan Perawatan

Pemeliharaan sangat penting dalam proses budidaya tanaman ini. Untuk masa awal tanam biasanya dilakukan penyulaman, yakni mengganti bibit tanaman yang layu atau mati dengan bibit baru yang lebih sehat. Oleh sebab itu kamu perlu memiliki bibit cadangan untuk sulam. Untuk perawatan rutin yang wajib dilakukan adalah penyiraman dan pemupukan.

Penyiraman biasanya dilakukan dengan mengalirkan air pada saluran irigasi yang telah dibuat. Jangan menyiram langsung pada tanaman karena akan menyebabkan kebusukan pada batang tanaman, selanjutnya adalah pemupukan untuk menambah kandungan unsur hara di dalam tanah.

pupuk yang bisa dipakai dalam budidaya pepaya California adalah pupuk kompos atau pupuk kandang. Seminggu setelah masa tanam sebaiknya ditambahkan pupuk NPK dengan dosis 200 gram setiap pohon. Ketika pepaya sudah memasuki usia 3 bulan berikan pupuk NPK 300 gram /pohon. Usia 6, 9 dan 12 bulan dengan pupuk NPK 500 gram ditambah pupuk kandang 40 kg / pohon. Ketika tanaman pepaya sudah mulai berbuah bisa ditambahkan pupuk KCI supaya tanaman memiliki daya tahan yang kuat selain itu pemberian pupuk ini akan membuat rasa buah semakin manis

5. Masa Panen Pepaya California

Buah pepaya California akan siap dipetik saat berusia antara 7 sampai 9 bulan, Usia produktif setiap pohon biasanya sampai 3 tahun, Keuntungan petani membudidayakan pepaya California salah satunya adalah dapat memanen setiap satu minggu sekali. Dan selama usia produktif, setiap pohon dapat menghasilkan buah hingga 80 kg.

kami sampaikan hasil panen buah pepaya california yang dilakukan oleh petani agrotunas pepaya jasingan