Jualbibitpepaya – Pepaya merupakan salah satu buah yang popular di Indonesia. Buah yang mulanya dari Meksiko Selatan ini punya kelebihan yang membuatnya dapat bertumbuh di Indonesia. Salah satunya adalah mampu bertumbuh di tanah berhumus campur pasir.

Kenali Buahnya Dulu

Pepaya sendiri punya banyak varian. Salah satunya adalah Pepaya California. Papaya jenis ini punya keunggulan dari segi buahnya, yang mana buahnya punya ukuran sebesar 0,8-1,5 kilogram perbuah. Ukuran tersebut membuat buah ini dapat dikonsumsi tak hanya untuk banyak orang, tapi juga dapat dikonsumsi oleh perorangan atau individu.

Keunggulan lainnya adalah warna buahnya yang menarik, di mana buah ini punya warna merah kejinggaan. Rasa buah ini juga unik, di mana buah ini punya perpaduan rasa yang amat manis, bercampur dengan tekstur buah yang renyah sekaligus lembut. Aromanya pun juga menarik, di mana aroma buah ini tergolong enak untuk dicium. Dalam buah tersebut, Anda tidak akan menjumpai bau seperti kotoran yang biasa ditemui pada buah pepaya pada umumnya.

Sebetulnya, pepaya penemuan peneliti IPB ini mempunyai nama Pepaya Calina, dan punya kode varietas IPB-9. Sayangnya, orang-orang sering keliru menyebut nama buah pepaya ini, sehingga pepaya ini pun kini dinamai pepaya California.

Ciri-ciri Benih Pepaya California yang Berkualitas

Sama seperti benih pepaya lainnya, benih varian pepaya ini juga dapat bertumbuh dengan baik, termasuk saat dinatam di tanah humus berpasir.  Benih varian pepaya ini sendiri punya sejumlah ciri yang dikandungnya. Cici-ciri tersebut merupakan ciri-ciri yang menandakan kalau benih varian tersebut merupakan benih berkualitas. Adapun ciri-ciri tersebut adalah:

  • Benih telah dibungkus petani dengan alumunium foil sehingga benih bisa tahan dari serangan jamur.
  • Mempunyai presentasi buah bertumbuh sempurna yang tinggi di atas 70%.
  • Daya tumbuh tinggi, sehingga bisa menghasilkan buah yang relatif banyak.
  • Mempunyai masa produksi 5 bulan. Masa produksi ini merupakan masa produksi yang maksimal, dan merupakan masa di mana benih pepaya mampu bertumbuh dengan baik.

Dengan mengetahui ciri-ciri di atas, diharapkan Anda bisa mendapat benih pepaya California yang berkualitas. Benih pepaya tersebut bisa Anda temukan di mana saja, salah satunya di situs www.jualbibitpepaya.com.

Benih yang dijual di situs tersebut merupakan benih berkualitas sekaligus bersertifikat. Selain mendapatkan benih, Anda juga akan mendapat panduan dan konsultasi gratis bila membeli benih dari situs tersebut.

Cara Membuat Benih Pepaya California

Selain dapat dibeli di sejumlah tempat, benih pepaya California ternyata bisa dibuat sendiri. Benih sendiri dibuat dengan cara sistem kawin silang terpilih atau penyerbukan buatan, di mana pohon pepaya berbunga sempurna dikawinkan dengan pohon berbunga sempurna lainnya. Adapun tahap melakukan proses kawin silang tersebut adalah:

  • Pilih pohon pepaya yang bunganya hampir mekar atau hampir sempurna. Bunga yang dipilih sendiri disarankan adalah bunga betina.
  • Ambil satu bunga pepaya yang jantan.
  • Bungkus bunga pepaya itu menggunakan kantung plastik, agar bunga tersebut tidak diserbuki bunga lain secara alami.
  • Saat bunga tersebut mekar, lakukanlah penyerbukan buatan terhadap bunga tersebut. Penyerbukan sendiri dilakukan dengan cara mengoleskan bagian atas bunga dengan bagian atas bunga jantan yang sudah diambil sebelumnya.
  • Saat proses ini dilakukan, pastikan bunga jantan dioleskan sambil diputar di atas bunga mekar tersebut. Setelah selesai, pisahkan kedua bunga tersebut dan diamkan bunga mekar tersebut selama beberapa waktu. Penyerbukan tersebut nantinya akan menghasilkan buah pepaya.
  • Setelah matang, petiklah buah pepaya hasil penyerbukan tersebut. Setelah dipetik, potonglah buah tersebut 1/3 bagian di pangkal buah. Buanglah 1/3 bagian yang telah dipotong itu. 2/3 sisanya lalu dibelah dua secara melintang.
  • Ambil biji-bijinya, kemudian cuci hingga bersih. Sesudah itu, simpan dan keringkan dan anginkan biji tersebut di tempat yang teduh. Biji-biji tersebutlah yang kelak akan menjadi benih pepaya California.
  • Selain disimpan di tempat yang teduh, biji-biji pepaya tersebut bisa Anda fermentasi. Caranya adalah membiarkan biji-biji tersebut selama 2-3hari tanpa dicuci terlebih dulu. Kemudian, bersihkan kesemua biji itu dengan air mengalir hingga bersih dan terlepas selaputnya. Setelah bersih, keringkan dan anginkan biji-biji tersebut. Cara tersebut dilakukan agar biji-biji tersebut bisa bertumbuh menjadi benih secara cepat dan seragam.

Setelah melakukan serangkaian proses di atas, Anda tinggal menanam benih-benih tersebut di lahan yang telah disediakan. Disarankan lahan yang dipakai mempunyai tanah berhumus dan sedikit berpasir. Hal itu dilakukan agar benih-benih tersebut bisa bertumbuh dengan baik.

Ada sejumlah keuntungan jika Anda membuat benih sendiri. Dengan membuat benih sendiri, Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli benih pepaya California dalam jumlah banyak. Sebab, Anda bisa menghasilkan benih pepaya California sendiri dalam jumlah banyak sesuai keinginan Anda.

Manfaat Buah Pepaya California

Menanam benih pepaya California punya sejumlah keuntungan. Salah satunya adalah dari buahnya. Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa buah dari benih pepaya California punya kelebihan dari segi ukuran dan warnanya.

Selain dua hal itu, buah dari benih pepaya tersebut juga punya sejumlah manfaat di dalamnya. Manfaat-manfaat tersebut adalah:

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah pepaya California punya semacam zat phenotic dan flavonoid. Kedua zat tersebut sangat baik untuk membuat ginjal tetap sehat, sehingga ginjal tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kandungan dua zat tersebut ada di hampir tiap bagian buah pepaya ini, utamanya di bagian buah dan bijinya.

Supaya bisa mendapat manfaat kedua zar tersebut, Anda disarankan untuk mengkonsumsi buah pepaya ini secara langsung, utamanya saar buah ini sudah matang. Bila tidak, Anda bisa menjadikan buah pepaya ini sebagai jus. Dengan catatan, jus pepaya yang Anda buat nanti jangan terlalu banyak memakai gula, agar Anda dapat meraih manfaat dua zat dalam buah pepaya ini.

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan

Beberapa gangguan pencernaan seperti sembelit dan lainnya, dapat diatasi dengan buah ini. Pasalnya, buah ini punya kandungan antioksidan yang tinggi. Zat tersebut mampu membuat pencernaan Anda menjadi lebih lancar, sehingga berbagai gangguan pencernaan bisa diatasi buah ini.

Selain itu, antioksidan dalam buah pepaya ini juga membantu membersihkan organ usus Anda dari kotoran. Dengan begitu, usus Anda pun menjadi lebih bersih dan terbebas dari berbagai gangguan dan penyakit pencernaan. Supaya memperolah manfaat ini, Anda harus mengkonsumsi buah ini secara rutin. Ada baiknya jika Anda mengkonsumsi buah ini secara langsung.

Demikianlah pembahasan seputar benih pepaya California, mulai dari deskripsi, hingga manfaat buah dari benih pepaya jenis ini. Dari pembahasan di atas, bisa disimpulkan kalau benih pepaya California merupakan benih yang baik, mudah didapat, bisa dibuat sendiri, dan punya manfaat dari buah yang bisa dihasilkannya. Dengan demikian, buah ini sangat cocok untuk ditanam demi konsumsi pribadi atau dibudidaya untuk kepentingan ekonomi.